RUMAH SAKIT ISLAM BOGOR MENJALIN KERJASAMA DENGAN 58 MITRA TGL 20 FEBRUARI 2020

RUMAH SAKIT ISLAM BOGOR MENJALIN KERJASAMA DENGAN 58 MITRA : KOMITMEN BERSAMA MENUJU RS SYARIAH

Hotel Papyrus – Bogor, 20 Februari 2020

Rumah Sakit Islam Bogor (RSIB) yang berlokasi Jl. Perdana Raya 22, Budi Agung - Bogor merupakan lembaga kesehatan bernuansa Islami di Kota Bogor yang berdiri sejak tahun 1982. Pendirian RSIB diinisiasi oleh para kiai dan cendekiawan muslim, didasari keinginan mulia untuk menyediakan tempat berobat untuk umat khususnya kaum dhuafa yang bernuansa Islami. RSIB tumbuh pesat yang semula pada tahun 1991 memiliki kapasitas 24 tempat tidur menjadi 117 tempat tidur pada tahun 2020. Hal tersebut dituangkan secara tegas dalam misi RSIB “Mewujudkan RSIB sebagai rumah sakit Islam yang modern, dikelola secara profesional dan berdasarkan nilai-nilai ke-Islaman”. Kualitas RSIB telah diakui sebagai rumah sakit Tipe C dengan berbagai layanan yang memadai dibuktikan dengan diperolehnya akreditasi dari KARS kategori Tingkat Utama (****).

Keberadaan RSIB semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan menjadi tumpuan berobat bagi masyarakat melalui pelayanan kesehatan. Berbagai sarana pelayanan kesehatan dan peralatan medis terus dilengkapi dan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. Jenis layanan kesehatan juga semakin beragam, mulai dari medical check-up, radiologi, ultrasonografi, rehabilitasi medik, hemodialisa, laboratorium, serta pelayanan vaksin meningitis dan influenza.

Meskipun demikian, RSIB tidak berpuas diri dan terus bertekad untuk melaksanakan pengembangan RSIB yang terintegrasi dengan pengembangan Masjid Baitussyifa Mandiri yang berada di lingkungan RSIB. Kehadiran rumah sakit bernuansa Islami di kota dan kabupaten Bogor yang memiliki jumlah penduduk sekitar 6.9 juta jiwa dipandang sangat strategis. Hal tersebut merupakan salah satu komitmen RSIB yang sangat memperhatikan nilai-nilai islami dalam rangka terwujudnya rumah sakit syariah.

RSIB secara terus-menerus mengembangkan promosi dan sosialisasi atas berbagai layanan yang ada, serta diikuti dengan peningkatan kualitas sumber daya insani agar dapat senantiasa memberikan pelayanan prima bagi pasien. Keberadaan tenaga medis dengan spesialisasi yang lengkap serta tenaga administrasi untuk melayani pasien terus ditingkatkan kualitas dan kapasitasnya. Hal ini didorong keinginan untuk dapat memberikan layanan yang lengkap dan mengedepankan kepuasan masyarakat. Saat ini RSIB telah memiliki empat spesialis dasar: bedah; kebidanan dan kandungan; penyakit dalam, dan anak serta dokter spesialis lainnya, seperti: jantung dan pembuluh darah, bedah syaraf, paru, THT, mata, saraf, kesehatan jiwa, urologi, kulit dan kelamin, radiologi, anastesi, patologi klinik, prostodonsia dan kesehatan gigi. Adapun jumlah dokter umum : 21 orang, dokter gigi : 4 orang dan dokter spesialis : 31 orang dengan jumlah karyawan : 302 orang.

Keberhasilan ini merupakan upaya yang harmonis dan saling mendukung antara Yayasan RSIB yang dimotori oleh DR. Ir. H. Dwi Sudharto, MSi sebagai ketua dengan Direksi dan jajaran RSIB dibawah koordinasi Dr. H. M. Djunaidi Ilyas, Sp.PD sebagai direktur RSIB dan dukungan pembina dan seluruh karyawan RSIB.

Pada acara hari Kamis 20 Februari 2020, dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang pelayanan kesehatan antara RSIB dengan 58 mitra. RSIB berupaya menangkap peluang untuk menggandeng para mitra terkait untuk memanfaatkan layanan kesehatan. Mitra yang bersepakat berasal dari beragam unsur, antara lain dari lembaga pendidikan, partai politik, organisasi haji, bank, hotel, travel umroh dan haji. Hal tersebut merupakan bukti pengakuan eksistensi RSIB sebagai rumah sakit yang berkualitas, sekaligus sebagai upaya meningkatkan ghiroh Islam dan membangun opini positif masyarakat atas kemanfaatan keberadaan RSIB.

Semoga dukungan para pihak dan semua komponen RSIB dalam membantu umat dalam melaksanakan pengobatan dan layanan kesehatan lainnya menjadi dorongan berkembangnya RSIB menjadi rumah sakit syariah yang berkualitas dan terpercaya dalam memberikan layanan terbaiknya bagi kemaslahatan umat. RSIB berkomitmen penuh untuk menjalankan amanah dengan mengedepankan motto “Ramah, Sabar, Ikhlas, dan Barokah”.

 

 

 

 

 

Artikel Terkait