Visi dan Misi


Lambang Bulan dan Bintang : Pengamat sejarah mengatakan bahwa sebenarnya asal muasal lambang bulan bintang berasal dari lambang khilafah Islamiyah terakhir yang dimiliki umat Islam, yaitu Khilafah Turki Utsmani.

Ular : Bisa ular dapat berfungsi sebagai racun namun dapat juga berfungsi untuk mengobati, layaknya obat-obatan (farmako) pada saat ini juga dapat berfungsi untuk menyembuhkan penyakit namun dapat juga menjadi racun. Ular juga melambangkan sifat seorang dokter yang bekerja dengan kehidupan dan kematian.

Tongkat : Tongkat merupakan simbol kemandirian Asclepius (seorang ilmuwan/dokter jaman Yunani kuno) dalam bekerja dan mengobati. Tongkat juga bisa berarti “penopang” pada saat seseorang sedang menderita penyakit. Namun demikian, secara bersamaan ular dan tongkat merupakan lambang profesionalisme dan kemandirian seorang dokter. Secara kasat mata, lambang ular dan tongkat membentuk tulisan R S I ( Rumah Sakit Islam ).

MOTTO
“ Pelayanan Kesehatan  Kami Islami dan Profesional“

Sebagai lembaga kesehatan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat yang dilandasi oleh nilai-nilai ke Islaman, Rumah Sakit Islam Bogor memiliki Visi dan Misi sebagai berikut :

VISI  
Mewujudkan Rumah Sakit Islam Bogor (RSIB) sebagai Rumah Sakit Islam yang modern, dikelola secara profesional dan berdasarkan nilai-nilai keislaman.     

MISI

  1. Memberikan pelayanan kesehatan jasmani dan rohani yang terbaik untuk ummat tanpa membeda-bedakan status sosial dan perbedaan pandangan.
  2. Memberikan pelayanan pendidikan kesehatan kepada ummat dengan membangun lembaga pendidikan kesehatan yang representatif.
  3. Memberikan pelayanan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan (dhuafa walmasakin) dan para ulama dan santri pondok pesantren sesuai dengan kemampuan.
  4. Memberikan penyuluhan dibidang kesehatan kepada ummat melalui da’wah kesehatan ke Majelis Ta’lim dan pesantren serta menerbitkan brosur-brosur secara berkala.

Visi dan Misi ini merupakan cita-cita dan realisasi keinginan para pendiri yang dituangkan dalam Anggaran Dasar Yayasan.